Secuplik Sejarah Peranti Lunak Pengolah Angka (Spreadsheet)

Secuplik Sejarah Peranti Lunak Pengolah Angka (Spreadsheet)

Kegiatan berhitung sejak jaman purba sudah dilakukan . Dari penggunaan sempoa , biji – bijian , tali hingga kalkulator , manusia selalu berinovasi dalam membuat alat perhitungan yang mudah dan efisien .

Berangkat dari masalah itu , manusia pun mulai menciptakan perangkat lunak yang secaara khusus untuk mengolah angka . Secara umum ,aplikasi iini disebut juga aplikasi lembar kerja pengolah angka ( spreadsheet ).

Banyaka macam aplikasi pengolah angka , antara lain leluhur para pengola angka yaitu Lotus 1-2-3 , Quanto Pro , OpenOffice.Org Calc , dan Microsft Excel . Sekarang kita akan bahas penggunaan menu dan ikon Microsoft Office Excel .

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka buatan Microsoft Inc. Pada awalnya Microsoft Excel dibuat dengan nama Multiplan , berjalan di system operasi CP/M . Excel tidak dibuat untuk Ms. Dos saat itu karena di Ms . Dos sendiri sudah ada Lotus 1-2-3 sebagai pengolah angka .

Proyek pun berkembang dan dmulailah proyek Excel pada 1985 yang diluncurkan khusus untuk pengguna Macintosh . Lalu versi untuk Microsoft pun diluncrkan pada 1985 .
Nama program pun diubah menjadi Microsoft Excel karena adanya persamaan nama dengan aplikasi pengolah angka dari produsen lainnya .

Kemudian pada 1993 , Excel dimasukkan kedalam paket Microsoft Office dan merubah ulang tampilannya dalam menghadapi tuntutan pasar yang tinggi .

Sekarang , versi tertinggi dari pengolah kata buatan Microsoft ini adalah Microsot Office Excel 2010 untuk Windows OS dan Microsoft Office Excel 2008 untuk Mac OS .

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik karena komentarmu dapat mengubah dunia!

Yang Terbaru dari Blog Ini!

Daftar Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP--Kurikulum 2013 Revisi

Daftar Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Kurikulum 2013 Revis Berdasarkan Buku Terbitan Puskurbuk Balitbang Kemdikbud (https://bu...